LEMBAH AKHOR ( LEMBAH MENYUSAHKAN )

0
3032

Oleh: Christian T

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

*Yosua 7*

_*Berkatalah Yosua: “Seperti engkau mencelakakan kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini.” Lalu seluruh Israel melontari dia dengan batu, semuanya itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu. Sesudah itu didirikanlah di atasnya suatu timbunan batu yang besar, yang masih ada sampai sekarang. Lalu surutlah murka TUHAN yang bernyala-nyala itu. Oleh sebab itu nama tempat itu sampai sekarang disebutkan lembah Akhor. (25-26)*_

*Syallom, sahabat-sahabatku pembaca setia BGA yang dikasihi Tuhan Yesus,*

Lembah Akhor, dalam bahasa Ibrani artinya menyusahkan berasal nama Akhan yang artinya: kesukaran. Akhan dari suku Yehuda, keturunan Zerah dan Zabdi, anak dari Karmi turut menyerbu kota Ai dan melanggar ketentuan yang ditetapkan untuk korban, dengan berani mencuri emas, perak dan jubah mewah, lalu bangkitlah murka Allah terhadap bangsa Israel, sehingga tiga puluh enam dari tiga ribu pasukan tewas dan mereka dikejar sampai ke Syabarim dan dipukul kalah (1-5)

*Para sahabatku yang terkasih dalam Yesus*, Pelanggara ini diketahui setelah Yosua bersama dengan para tua Israel bersujud di hadapan Tabut TUHAN sambil menabur debu diatas kepala mereka sampai kepala petang hari dan melakukan pengusutan. Yosua memprotes kepada TUHAN mengapa hal itu terjadi dan pada akhirnya ia mengatakan bahwa peristiwa itu akan mempermalukanNya di antara bangsa-bangsa sekitarnya terutama bangsa Kanaan. Dan TUHAN menjawab bahwa bangsa Israel telah melanggar perjanjian TUHAN dengan telah mencuri barang-barang yang dikhususkan untuk TUHAN, lalu setelah melakukan penyidikan diketahuilah bahwa Akhanlah pelakunya (6-24).Akhan bersama keluarganya dan segala miliknya dilempari dengan batu dan dibakar di lembah di sebelah selatan Gilgal (25-26). Peristiwa itu disebut kembali dalam Yos 22:20, dan 1 Tawarikh 2:7

*Sobat yang terkasih,* setiap pelanggaran firman Tuhan akan ada konsekuensinya, yakni murka Allah. Murka Allah bisa dalam berbagai bentuk, seperti kekalahan , kegagalan, kerugian, kecelakaan, penyakit, bencana.

Dan terutama bagi pelakunya yang merupakan pelayan TUHAN atau pemimpin rohani yang akan berimplikasi kepada komunitas yang dipimpinnya bisa berupa komunitas yang kecil maupun sebuah bangsa dan bahkan seluruh bangsa di dunia, terutama mereka yang telah mencuri yang merupakan hak milik Nya dan lebih khusus lagi kemulian-Nya.

*Sobat,* ingatlah selalu peristiwa Lembah Akhor, yakni Lembah Yang Menyusahkan ini yang akibatnya bukan hanya menimpa pribadi tetapi juga keluarga, gereja, dan bangsa.

Tuhan Yesus memberkati

Salam dan doa
Christian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here