Saleh Husin: “Kemitraan Perguruan Tinggi dan Sektor Privat Hasilkan SDM Unggulan”

0
371

Jakarta, Protestantpost.com

 

“Salah satu tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah mewujudkan sumber daya manusia unggulan, yang kompetitif, inovatif dan berkarakter. Untuk mencapainya, bangsa Indonesia – termasuk pula Universitas Indonesia – berupaya memperluas akses masyarakat ke perguruan tinggi. Teknologi dapat menjadi salah satu solusinya, seperti melalui perkuliahan daring. Program studi di bidang ilmu sosial sudah memulainya, harapannya, perkembangan teknologi dapat pula memfasilitasi kompleksitas penyelenggaraan studi jarak jauh di bidang ilmu sains,” kata Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Saleh Husin saat bersama civitas academica UI mendampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di Kampus UI, Depok (2/5).

Dalam kegiatan yang juga berisikan peresmian Pusat Riset Sosial dan Politik Universitas Indonesia di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pembangunannya berasal dari filantropi sektor privat ini, Saleh mengingatkan pesatnya perkembangan sains dan teknologi yang kerap menjadi jalan keluar bagi beragam kepentingan manusia, tak terlepas dari kedalaman riset di ranah sosial serta humaniora.

“Itu sebabnya, riset terapan di kedua bidang ilmu ini mesti berjalan secara beriringan. Percepatannya dapat dilakukan melalui kemitraan antara lembaga pendidikan dengan sektor privat, seperti yang kami lakukan bersama saat ini. Untuk itu, atas nama seluruh civitas academica, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Mochtar Riady atas komitmen sekaligus kedermawanannya mendukung pembangunan gedung delapan lantai ini.

Semoga langkah beliau menginspirasi sektor privat lainnya, secara meluas, untuk tak ragu bermitra dengan Universitas Indonesia”, ujar Saleh yang menjabat Menteri Perindustrian tahun 2014-2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here