PERSONAL LEADERSHIP BRAND ( I )

0
434

 

Oleh: P. Adriyanto, (Drs., MBA)

Apakah Personal Leadership Brand itu ??
1 Personal Leadership Brand adalah sifat-sifat/ karakteristik yang inspiratif yang direncanakan.

2 Personal leadership brand mencerminkan kekuatan-kekuatan (strenghts) yang dilihat oleh orang lain dan sesuai penilaian Anda sendiri.

3 Personal leadership brand mencerminkan gairah Anda yang Anda nikmati dan yang dikenal oleh orang lain.

Jadi personal leadership brand ini adalah *citra diri* seorang pemimpin karena ia memiliki tujuan, kinerja, inspirasi, kekuatan dan kegairahan kerja yang juga dilihat oleh orang lain.

Leadership brand ini membantu Anda untuk mencapai tiga hasil utama:
#1 Authenticity/Keaslian.

Leadership brand akan membantu anda untuk memperoleh respect dan kepercayaan.Identifikasi tujuan anda menjadi pemimpin akan merupakan refleksi dari diri Anda sendiri.

#2 Inspirasi. Leaderhip brand yang kuat akan meningkatkan kekuatan-kekuatan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa para karyawan akan lebih terlibat dalam pekerjaan, bila Anda dapat meningkatkan kinerja Anda, demikian juga para karyawan Anda.

#3 Deliverability.
Pencapaian tujuan yang Anda tetapkan. Bila anda bergerak maju di dalam organisasi Anda, maka tujuan, hasil dan nilai-nilai akan juga terangkat.

Tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang harus Anda ketahui sebagai seorang leader? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mendaftar kekuatan-kekuatan, anda dapat meminta pendapat/umpan balik dari rekan sekerja, teman dan keluarga.

Langkah berikutnya, adalah buatlah uraian tentang pekerjaan Anda yang sekarang dan yang akan datang. Hal ini akan membantu Anda untuk menetapkan nilai-nilai yang akan Anda perlukan untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Nilai-nilai leadership bergerak mulai dari management yunior ke management senior yang meliputi perubahan-perubahan tugas-tugas dan tanggungjawab. Sangatlah penting bila Anda mengidentifiasi nilai-nilai dan kompetensi yang akan Anda perlukan untuk mencapai tujuan Anda.
Di bawah ini adalah contoh pada tingkat yang berbeda dalam organisasi.

✓ Middle Management.
*Nilai-nilai : yang bekerja bersama orang lain.
* Kompetensi : membuat keputusan yang sulit, coaching dan developing management yang lebih rendah, dan melaksanakan diskusi-diskusi penting.

✓ Business Manager, CEO dan Presiden.
* Nilai: business strategy secara keseluruhan.
* Kompetensi: keputusan-keputusan financial, mekanisme operasi, merefleksikan visi jangka panjang dan analisis.

Ada 5 langkah untuk menciptakan personal leadership brand ini :

1 Tetapkan apa yang merupakan sifat-sifat utama yang berbeda dengan orang-orang lain, seperti sikap (attitude), perilaku (behavior), dan tindakan yang membuat Anda berbeda dengan orang-orang lain, misalnya kharismatik, energetic/semangat, memiliki visi, sangat menguasai persoalan, rendah hati, fokus, kewirausahaan dan inovasi yang didasarkan pada teknologi informatika/disruption strategy.

2 Apakah kekuatan utama Anda?
Seperti leadership, strategi, kreativitas dan kinerja.

3 Apa yang merupakan kualitas kepemimpinan Anda yang berbeda seperti. Servant leadership, kharismatik.

4 Apakah kegairahan kerja Anda pada masa yang lalu, sekarang dan yang akan datang.

5 Nilai/hal-hal yang tidak Anda ketahui (blank spots) bukan saja kelemahan Anda, tapi juga umpan balik/penilaian orang lain terhadap kepemimpinan Anda yang tidak Anda ketahui.

(Bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here