Good Doctor Mendukung Pelayanan Kesehatan untuk Keluarga Anak Penderita Kanker yang Membutuhkan Melalui Donasi 43.000 Masker kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)  

0
378

Good Doctor Mendukung Pelayanan Kesehatan untuk Keluarga Anak Penderita Kanker yang Membutuhkan Melalui Donasi 43.000 Masker kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)

 

  • Bersama BenihBaik.com, Good Doctor menggalang dana selama 6 bulan untuk upaya menyadarkan publik tentang adanya peningkatan risiko COVID-19 pada anak-anak penderita kanker.
  • Donasi sejumlah Rp58.697.073 telah dikumpulkan dan 100% disalurkan kepada YKAKI.
  • Program “Konsultasi Dokter Online (KADO) untuk YKAKI” oleh Good Doktor berlanjut memberikan akses gratis ke dokter spesialis terpercaya untuk anak penderita kanker yang membutuhkan di tengah meningkatnya kasus COVID-19 pada anak-anak di Indonesia.

 

Jakar Protesantpost.com

 

Menanggapi kian banyaknya kasus COVID-19 di antara anak-anak di Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi  Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) mempertegas dedikasinya terhadap kesehatan anak, terutama bagi anak-anak penderita kanker. Melalui kemitraan dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan BenihBaik.com, donasi kedua hasil dari penggalangan dana bersama yang dilakukan selama 6 bulan sejak September 2020 sampai dengan Maret 2021 sebesar Rp58.697.073 diserahkan kepada YKAKI. Donasi tersebut diserahkan dalam bentuk 43.000 masker kesehatan yang disumbangkan kepada karyawan, koordinator, orang tua, guru dan anak-anak dengan kanker yang ada di seluruh cabang YKAKI di berbagai kota. Donasi ini merupakan penggalangan dana yang diluncurkan pada Bulan Kesadaran Kanker Anak September 2020, yang pada pada kesempatan yang sama, Good Doctor Technology Indonesia juga meluncurkan program “Konsultasi Dokter Online (KADO) untuk YKAKI” gratis yang masih berlangsung hingga saat ini. Melalui program ini, Good Doctor berencana melanjutkan pemberian akses ke dokter spesialis dan tenaga medis secara gratis bagi anak dengan kanker dari keluarga kurang mampu, di tengah kian tingginya kebutuhan para orang tua dan caregiver akan bantuan medis.

Head of Medical Management Good Doctor, dr. Adhiatma Gunawanmenyampaikan, “Kemitraan kami dengan BenihBaik.com dan YKAKI sebagai penerima manfaat merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak penderita kanker di Indonesia, khususnya dari keluarga kurang mampu. Melalui donasi ini, kami berharap dapat membantu YKAKI untuk memastikan keamanan dan keselamatan anak-anak penderita kanker, keluarga mereka, dan para relawan yang tanpa lelah memberikan perawatan dan pendampingan bagi anak-anak yang paling rentan terhadap COVID-19 ini. Inisiatif ini selaras dengan dedikasi Good Doctor untuk peningkatan kesehatan anak di Indonesia. Layanan kesehatan anak juga merupakan salah satu dari 3 layanan konsultasi paling banyak diakses di aplikasitelemedicine kami.”

Mengomentari kemitraan dengan Good Doctor yang telah berlangsung sejak September 2020, Ketua dan Pendiri YKAKI Ira Soelistyomenyatakan, “Kami berterima kasih kepada Good Doctor dan BenihBaik.com atas sumbangan masker ini, dan penghargaan kami untuk semua donatur yang telah mengungkapkan kepeduliannya kepada anak-anak penderita kanker. COVID-19 telah memberikan banyak tantangan bagi pasien kanker anak dan keluarganya. Denganplatform telemedicine Good Doctor, kami mendorong orang tua, keluarga dancaregiver yang merawat anak-anak penderita kanker untuk memanfaatkan sumber informasi medis tambahan agar tetap mendapat informasi yang baik dan berkonsultasi dengan dokter bila diperlukan, dan tetap menjaga kesehatan selama periode waktu yang sulit ini. Sumbangan masker dengan jumlah besar ini juga akan membantu melindungi anak-anak penderita kanker dan keluarganya dari COVID-19.”

Menyampaikan sambutan tentang hasil dari inisiatif galang dana bersama,Pendiri Benihbaik.com Andy F. Noya mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua #TemanBaik yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada anak-anak penderita kanker dengan berdonasi ke YKAKI. Kami berharap dukungan ini dapat membantu melindungi anak-anak penderita kanker, orang tua serta seluruh relawan dan caregiver di YKAKI dari risiko terpapar COVID-19. Kami menghargai kolaborasi kami dengan Good Doctor dan YKAKI dalam memberikan kontribusi dengan cara apa pun yang kami bisa kami lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak penderita kanker.

Anak penderita kanker termasuk yang paling rentan terhadap virus COVID-19, karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu akibat penyakit kronis yang dideritanya. drHaridini Intan Setiawati Mahdi, Sp.A (K),salah satu dokter spesialis yang telah memberikan perawatan kepada pasien kanker anak melalui program “KADO untuk YKAKI” dari Good Doctor mengatakan, “Pandemi COVID-19 sangat mengganggu perawatan kanker anak di seluruh dunia. Dampak yang paling menonjol terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, seperti Indonesia. Oleh karena itu, semakin banyaknya penyedia layanantelemedicine memainkan peran penting dalam membantu praktisi kesehatan seperti saya, untuk memastikan bahwa pasien kanker masih dapat berkonsultasi dengan dokter mereka secara virtual dengan nyaman dari rumah mereka sendiri. Saya sangat menghargai dukungan Good Doctor melalui “KADO untuk YKAKI” untuk memberikan solusi bagi keluarga pasien kanker anak dalam bentuk konsultasi dan pelayanan dokter gratis tanpa harus berisiko terkena virus saat mengunjungi fasilitas kesehatan. Bagi yang harus menjalani kemoterapi, harus tetap berobat ke rumah sakit dengan menerapkan 5M.”

Pandemi mengakibatkan banyak perubahan sektor pelayanan kesehatan,  yang mempengaruhi tata cara rumah sakit dalam pemberian perawatan kanker, terutama bagi pasien kanker anak. Dalam jurnal The Lancet yang memuat hasil studi cross-sectional tentang “Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Perawatan Kanker Anak” yang diterbitkan pada 1 Mei 2021 yang melibatkan 311 tenaga kerja kesehatan profesional di 213 institusi di 79 negara anggota WHO sebagai responden, tercatat bahwa daftar periksa rumah sakit harus diperbarui atau disesuaikan, proses komunikasi dengan pasien dan keluarga juga berubah, dan pedoman untuk layanan penting bagi pasien kanker anak pun harus direvisi. Perubahan dan penyesuaian ini dilakukan sebagai efek pandemi.1 Studi tersebut menunjukkan bahwa cara alternatif sangat dibutuhkan untuk memberikan perawatan medis bagi pasien kanker anak untuk melindungi mereka dari risiko terpapar COVID-19. Di sinilah pelayanan telemedis dapat memberikan peran integral dalam mengurangi konsultasi tatap muka antara dokter dan pasien kanker anak.

“Di Good Doctor, kami selalu percaya bahwa perawatan kesehatan harus dapat diakses oleh setiap keluarga, terutama selama masa sulit pandemi seperti sekarang. Dengan memiliki support system yang kuat, anak-anak yang sedang melawan kanker bisa lebih bersemangat dan memiliki impian besar untuk masa depannya. Melalui program “KADO untuk YKAKI” kami ingin terus mendorong inisiatif peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi anak penderita kanker dan keluarganya di YKAKI”, tambah dr. Adhiatma Gunawan.

Sebagai platform penyedia layanan kesehatan dalam jaringan terkemuka, Good Doctor memiliki lebih dari 600 dokter spesialis dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, termasuk spesialis dalam perawatan kanker anak, yang dapat diakses setiap saat di aplikasi. Good Doctor terus meningkatkan layanan onlinedi aplikasi dan menyediakan akses ke jaringan tenaga medis yang terus bertambah yang siap membantu masyakat terkait berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kronis.

###

 

Tentang Good Doctor

Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 10.000 dokter siaga di 70 kota dan 2.000 apotek resmi terpercaya, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24 jam yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 2.000 apotek, serta Appointment Booking, yang telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 rumah sakit, klinik, dan laboratorium, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki lebih dari 600 spesialis medis dalam platformnya dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.

Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami diwww.gooddoctor.co.id.

 

 

Tentang Program “KADO untuk YKAKI”

Bersamaan dengan inisiatif penggalangan dana dengan BenihBaik.com, yang juga bertepatan dengan Bulan Kesadaran Kanker Anak tahun lalu, Good Doctor meluncurkan inisiatif “Konsultasi Dokter Online (KADO) untuk YKAKI ” gratis, yang dimulai dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan publik untuk komunitas kanker anak sebagai kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus selama pandemi. Selama berbulan-bulan inisiatif ini, “KADO untuk YKAKI” memastikan akses gratis ke jaringan tenaga kesehatan dan spesialis medis Good Doctor yang luas untuk pasien kanker anak dan keluarganya yang membutuhkan akses namun tidak mampu memperoleh konsultasi medis yang dibutuhkan. Program “KADO untuk YKAKI” menyediakan konsultasi dokter online untuk anak, orang tua, guru, dan koordinator YKAKI di delapan kota: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar , Riau, Semarang dan Manado.

Tentang YKAKI

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) adalah yayasan sosial nirlaba dengan visi bahwa setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak memperoleh pengobatan dan perawatan yang sebaik-baiknya termasuk hak belajar dan hak bermain selama masa pengobatan/perawatannya di rumah sakit dan di rumah singgah. Sejak didirikan pada November 2006, Program YKAKI disiapkan untuk membantu perjuangan para orangtua mendampingi putra-putrinya dalam pengobatan dan/atau perawatan termasuk pendidikannya. Saat ini, YKAKI memiliki cabang di 8 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Riau, Semarang dan Manado. Situs web: https://www.ykaki.org.

Tentang BenihBaik.com

BenihBaik.com didirikan sebagai wujud kepedulian para pendirinya, seperti Andy F. Noya,  Anggit Hernowo and Firdaus Juli terhadap berbagai masalah sosial, kemanusiaan, budaya, agama dan isu kesejahteraan sosial lainnya dimana masih berjuang untuk mendapatkan dukungan finansial untuk memenuhi kebutuhan dasar. pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional yang belum dapat diakomodasi oleh pemerintah dalam waktu yang singkat.Oleh karena itu, para pendiri yang berasal dari berbagai latar belakang ini menghadirkan platformdigital yang dapat memfasilitasi kegiatan penggalangan dana komunitas sukarela (filantropi) sehingga dapat membantu sesama dengan segera. Situs web:https://www.benihbaik.com.

(Hotben)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here