Ganjar-Mahfud Ternyata Dikawal 9 Kiai Berpengaruh Saat Debat Capres Pertama

0
116

Ganjar-Mahfud Ternyata Dikawal 9 Kiai Berpengaruh Saat Debat Capres Pertama

 

Jakarta, Protestantpost.com

 

 

Debat perdana calon presiden (Capres) 2024 sudah dilangsungkan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. Visi misi dan gagasan tersampaikan pada debat capres berdurasi 150 menit tersebut.

Namun ada sisi lain yang terungkap pasca-acara debat capres, salah satunya hadirnya para kiai berpengaruh yang mengantarkan langkah pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md ke arena debat di Kantor KPU.

“Ini merupakan dukungan para kiai kepada Ganjar-Mahfud. Jika nanti pasangan ini menang diharapkan bisa mengawal program-program Pendidikan yang ada di pesantren,” kata anggota Direktorat Proyek Strategis Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, M Silahuddin di Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (13/12/2023).

Silahuddin merinci, para kiai yang turut mengantar Ganjar dan Mahfud ke arena debat capres adalah Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul KH Yasin Nawawi, Pengasuh Ponpes Darussalam Lirboyo Kediri KH Mahin Toha, kiai sepuh dari Serang KH Ariman.

Selain itu ada juga Pengasuh Ponpes Nurul Anwar Lampung KH RM. Sholeh Bajuri, Pengasuh Ponpes Nurul Jadid Probolinggo KH Abdul Hamid Wahid, serta pengasuh Ponpes Cipasung Tasikmalaya KH Ubaidillah Ruhiya.

“Sebenarnya akan ada lebih banyak kiai yang akan mengantarkan Ganjar-Mahfud, namun hanya sembilan kiai berkesempatan ikut mendampingi karena ada kegiatan lain sedang ibadah umrah dan terbatasnya kuota penonton debat,” ucapnya.

*Alasan Para Kiai Dukung Ganjar-Mahfud*

Menurut Silahuddin, salah satu alasan hadirnya dukungan dari para kiai karena Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren lahir di masa jabatan Mahfud Md sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Mereka berharap, payung hukum untuk kesejahteraan pesantren bisa lebih diperkuat jika Ganjar-Mahfud mendapat amanat rakyat sebagai presiden dan wakil presiden 2024

Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (kiri ke kanan) mengangkat tangan usai debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Diketahui, debat perdana calon presiden sudah dilangsungkan pada semalam, Selasa 12 Desember 2023 di Kantor KPU Republik Indonesia.

Debat berjalan selama 150 menit dengan total enam segmen. Sebagai informasi pada segmen pertama adalah sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada segmen kedua hingga kelima, masing-masing dari kandidat mengambil pertanyaan secara acak yang sudah disusun oleh 11 panelis. Pada segmen tersebut, para kandidat diperbolehkan saling berinteraksi dan menanggapi jawaban yang disampaikan. Segmen terakhir atau ke enam adalah penutup. Kandidat dipersilakan membuat closing statement.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here