Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

ORANG BENAR DISELAMATKAN OLEH PENGETAHUAN.

Ini adalah sebagian ungkapan yang kita temukan pada Amsal 11:9, yang menjadi ayat renungan kita hari ini.

Selengkapnya berbunyi sebagai berikut: “Dengan mulutnya orang fasik membinasakan sesama manusia, tetapi orang bebar diselamatkan oleh pengetahuan.”

Membaca Amsal 11 ini, kita diberi gambaran kehidupan manusia di dunia ini yang terdiri dari orang baik dan orang tang tidak baik. Orang baik, ialah mereka yang dalam hidupnya berlaku : rendah hati, jujur, saleh dan benar. Sedangkan orang jahat, ialah mereka yang: angkuh, curang, fasik, jahat dan berkhianat atau penghianat.

Ke dua sifat itu (baik dan jahat) selalu dimunculkan dan dibandingkan dalam setiap ayat, sehingga kita yang membaca dengan mudah dapat menentukan pilihan dalam hidup kita. Misalnya, ungkapan tentang orang yang baik kita temukan pada kata yang sepadan dengannya atau hampir bersamaan artinya, yaitu: Orang yang rendah hati (ay.2), orang yang jujur (ay.3), orang yang saleh (ay.5), dan orang benar (ay. 8,9).

Dan dalam kaitan dengan ini, kita temukan ungkapan: Orang benar diselamatkan dari kesukaran (ay.8), orang benar diselamatkan oleh pengetahuan (ay.9). Dan tentang “kebenaran yang dilakukan/diberlakukan” membawa hal yang positif (hal yang sangat baik) bagi yang melakukannya atau yang hidup di dalamnya. Misalnya: Kebenaran melepaskan orang dari maut (ay.4), kebenaran meratakan jalan orang saleh (ay.5), dan kebenaran melepaskan orang jujur (ay.6).

 

Pada pasal sebelumnya, kita dikenalkan dengan dua kata, yaitu “bijak” dan “benar”.

Kedua kata ini berjalan bersama-sama. Artinya, orang yang bijak adalah orang yang mempraktekkan kebenaran; dan orang yang benar bertumbuh dalam kebijaksanaan. Itu sebabnya, seseorang dikatakan BIJAK dan BENAR, jika ciri tersebut dinyatakan baik dalam kata, mau pun perbuatan. (bnd. Amsal 10:6,11,14,20-21,31-32).

Dan dalam pasal 11 ini, kita temukan bahwa TUHAN berkenan kepada orang yang: rendah hati, jujur, saleh dan benar. Dan pada ayat renungan hari ini dikatakan, kalau orang benar difitnah, maka TUHAN akan melepaskan dia, bahkan TUHAN menyelamatkannya (11:9).

Apa artinya ini bagi kita sekarang ini? Pesannya cukup jelas, agar kita, dalam takut akan TUHAN, hidup dalam kebenaran, kejujuran, kerendahan hati dan kesalehan.

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here